Friday, February 14, 2020

Pengertian VPS dan Jenisnya



VPS merupakan singkatan dari Virtual private server. Bagi kalian yang sudah mengenal internet atau yang biasa bergelut didunia teknologi tentunya tidak asing lagi, namun bagi yang masih awam pasti bertanya-tanya apa itu VPS? Mari kita ulas disini.

Virtual Private Server (VPS) adalah server tervirtualisasi, server fisik yang terbagi menjadi beberapa bagian virtual server dan memiliki spesifikasi mumpuni. Seperti RAM, CPU, IP Public dan lain sebagainya yang bisa kita custom sendiri untuk melakukan konfigurasi, setting, install operating system, plugin, cloud computing, software bot, dll.

Baca juga: Dua Komponen Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Website


Saat ini VPS tersedia dalam beberapa jenis? Jadi sebelum Anda berlangganan, pastikan Anda mengetahui jenis-jenis VPS-nya terlebih dahulu berikut ini:

Open VZ

Open VZ merupakan jenis VPS yang menggunakan sistem operasi yang bekerja pada shared kernel server. Resource Open vz ini lebih rendah jika dibandingkan dengan VPS-VPS lainnya.
Jadi jangan kaget jika penyedia VPS di Indonesia menjualnya mahal.

KVM (Kernel Based Virtual Machine)

Jenis VPS yang satu ini memiliki sistem operasi kernel based virtual machine yang bisa langsung  berinteraksi dengan hardwarenya, ini kelebihan KVM dibanding Open Vz ynag harus berkomunikasi melalui sistem operasi. Jadi untuk Anda yang memerlukan virtualisasi server penuh, KVM ini wajib kamu pertimbangkan.

HVM (Hardware Virtual Machine)

VPS ini sama dengan KVM, virtualisasinya berada ditingkat kernel, namun bedanya HVM ini membebaskan penggunanya untuk menggunakan hardwarenya secara penuh. Tentu saja hal ini merupakan keunggulan lebih jika dibandingakan Open Vz dan KVM.
Dan secara fitur, HVM ini sangat cocok untuk digunakan website-website besar.

Microsoft Hyper V

VPS yang satu ini memiliki keunggulan diatas ketiganya, karena sistem operasinya menggunakan windows. Lebih mudah penggunaannya dan tentu saja lebih mahal dari VPS linux karena Anda perlu membeli lisensi windows.

Layanan Jasa Sewa Server Unlimited, Murah dan Cepat

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian VPS dan jenisnya. Apakah saat ini Anda ingin menggunakan layanan VPS? Jika ya, hubungi kami sekarang:

Call/Wa : 021 80624624
Email: sales@mcs.co.id
Website: mcs.co.id - maxserver.co.id
Fanpage: facebook.com/MaxindoContent

No comments:

Post a Comment